Skip to main content

7.PROSES ASSEMBLING

Proses Assembling adalah Proses perakitan dari beberapa wire yang sudah lengkap terminalnya,socketnya yang di setting pada Jig/Asbo sesuai dengan modelnya.

Wire di setting pada Asbo

ASBO atau Assembling Board adalah tempat atau mal untuk proses assembling yang sebelum proses tersebut harus di setting terlebih dahulu yang di sesuaikan dengan mal itu.
Proses setting adalah proses dengan mengurutkan wire satu demi satu ke Asbo.
Fungsi Asbo adalah untuk membuat harness sesuai yang di inginkan baik trunk maupun branch nya.Dalam pembuatan Asbo banyak jig jig yang di pasang di posisi posisinya, jig tersebut seperti :

-Downer
-Jig U3
-jig U5
-Jig U10
-Jig W
-Spot W
-dll

Fungsi jig ini sebagai Stoper dalam penyetingan wire ke Asbo.Proses harus mengikuti jig yang ada,jika tidak mengikuti jig tersebut maka hasilnya akan bermasalah atau NG (No Good).
Dalam Asbo itu ada drawing 1:1 ,Lay Out drawing adalah patokan dalam pembuatan Asbo.Jig jig terpasang pada Asbo mengikuti titik demi titik  dari drawing.Biasanya sebelum dilakukan pengerjaan Board Assembling semua titik dalam gambar dilakukan pengeboran.Jig jig tersebut siap dipasang pada setiap titik board tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

6.PROSES HOUSING/INSERT

Masih dalam Proses Joint Tapping. Untuk Joint Tapping menggunakan Mesin Automatic sehingga hasil keseluruhan prosesnya menjadi rapi. Mesin joint tapping Dalam pembuatan wiring harness dari sepuluh tahapan yang terdiri dari 1 - 5 ,sudah kita bahas yaitu: - Cutting - Accesories - Crimping - Jointing - Joint Tapping Proses yang tersisa  adalah: - Housing/Insert - Assembling - Checker - Visual - packing Hari ini saya akan bahas proses housing.Sebelum melangkah ke proses housing,alangkah baiknya kita harus tahu proses housing itu apa? Proses housing adalah proses memasukan wire / insert yang sudah di crimping ke dalam socket /housing sesuai perintah kerjanya. Housing/socket Dalam hal ini untuk mencegah terjadinya terminal itu sudah masuk tapi keluar lagi atau mundur biasanya kita lakukan dengan cara TKT (Tekan dulu, KLIK sampai bunyi, Tarik coba di tarik.). Elemen - elemen yang dibutuhkan adalah : - Socket / Housing - Wire yang

Cara membuat Wiring harness

Salam Jumpa, Cara Membuat WIRING HARNESS Seperti janji saya kemarin,kali ini saya akan bahas Cara buat Wiring harness/Kabel body baik untuk mobil maupun motor. Sebelum membahas ke situ alangkah baiknya kita harus tahu apa yang dimaksud dengan WIRING HARNESS. WIRING HARNESS adalah sekumpulan dari beberapa kabel dengan size berbeda yang di ujung kabelnya sudah terpasang accesories,terminal/skun dan connector yang di rakit sesuai kebutuhan pesanan. Adapun tahapan Proses pembuatan WIRING HARNESS adalah : 1.Proses Cutting 2.Pemasangan accesories 3.Proses Crimping 4.Proses Jointing 5.Proses Joint Tapping 6.Proses housing/Insert 7.Proses Assembling 8.Proses Checker/Arus 9.Proses Visual 10.Packing / Siap di gunakan Dari ke 10 Proses ini,saya akan bahas satu persatu dengan detail. Ok ini saja dulu dari saya dan nanti kita akan jumpa lagi. Trima kasih.